Rabu, 24 April 2013

DIFENISI IKLAN MENURUT PARA AHLI


APA ITU  IKLAN?


Periklanan adalah sebuah bentuk komunikasi untuk pemasaran dan digunakan untuk mendorong atau
membujuk penonton (pemirsa, pembaca atau pendengar, kadang-kadang kelompok tertentu)
untuk melanjutkan atau mengambil beberapa tindakan baru. Paling umum, hasil yang diinginkan adalah
mendorong perilaku konsumen sehubungan dengan suatu penawaran komersial, meskipun
iklan politik dan ideologi juga umum. Tujuan dari iklan
mungkin juga untuk meyakinkan karyawan atau pemegang saham bahwa perusahaan adalah layak atau
sukses. Pesan iklan biasanya dibayar oleh sponsor dan dilihat melalui
berbagai media tradisional, termasuk media massa seperti surat kabar, majalah,
iklan televisi, radio iklan, iklan outdoor atau surat langsung;
atau media baru seperti blog, website atau pesan teks.

ADVERTISING MENURUT BEBERAPA AHLI

Menurut Kotler (1999):
Segala macam bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau non-personal
layanan dibayar oleh sponsor tertentu.

Menurut Wells (1992):
Iklan adalan non-personal komuinikasi dibayar oleh sponsor menggunakan media massa
membujuk dan mempengaruhi penonton.

Menurut Gilson & Berkman (1980):
Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang untuk menghasilkan
respon dan membantu untuk mencapai tujuan objektivitas atau pemasaran.

SEJARAH

Abad ke-18
Sebagai pendidikan menjadi kebutuhan nyata dan membaca, serta pencetakan, dikembangkan
iklan diperluas untuk mencakup selebaran Dalam iklan abad ke-18
mulai muncul di koran mingguan di Inggris. Ini cetak awal
iklan digunakan terutama untuk mempromosikan buku dan surat kabar, yang menjadi
semakin terjangkau dengan kemajuan di percetakan;

Abad 19
Sebagai perekonomian diperluas selama abad ke-19, periklanan tumbuh bersama. Di
Amerika Serikat, keberhasilan format iklan akhirnya mengarah pada
pertumbuhan mail-order iklan.
Pada bulan Juni 1836, Perancis koran La Presse adalah yang pertama untuk menyertakan dibayar
iklan di halamannya, yang memungkinkan untuk menurunkan harga, memperluas pembacanya
dan meningkatkan profitabilitas dan formula segera ditiru oleh semua judul.
Sekitar 1840, Volney B. Palmer mendirikan akar modern
biro iklan di Philadelphia. Pada tahun 1842 Palmer membeli sejumlah besar ruang
di berbagai surat kabar pada tarif diskon kemudian dijual kembali ruang pada tingkat yang lebih tinggi
kepada pengiklan. Iklan yang sebenarnya - copy, tata letak, dan karya seni - masih
disiapkan oleh perusahaan yang ingin beriklan;

20th Century
Periklanan modern diciptakan dengan teknik inovatif yang digunakan dalam tembakau
periklanan, yang paling signifikan dengan kampanye Edward Bernays, yang
sering dianggap sebagai pendiri modern periklanan, Madison Avenue. Itu
industri tembakau adalah salah satu pengalaman pertama untuk memanfaatkan produksi massal, dengan
pengenalan mesin Bonsack untuk menggulung rokok. The Bonsack Mesin
memungkinkan produksi cigarets untuk pasar massal, dan industriy tembakau
diperlukan untuk mencocokkan seperti meningkatnya pasokan dengan penciptaan permintaan dari
massa melalui iklan.

1920
Pada awal 1920-an, stasiun radio pertama didirikan oleh peralatan radio
produsen dan pengecer yang menawarkan program-program dalam rangka untuk menjual lebih banyak radio
konsumen. Seiring waktu berlalu, banyak organisasi nirlaba mengikuti dalam
mendirikan stasiun radio mereka sendiri, dan termasuk: sekolah, klub dan sipil
kelompok. Ketika praktek program mensponsori dipopulerkan, masing-masing
program radio individu biasanya disponsori oleh bisnis tunggal dalam pertukaran
untuk penyebutan singkat dari nama bisnis 'pada awal dan akhir
disponsori menunjukkan.

1950
Praktek ini dibawa ke televisi komersial di akhir 1940-an dan
awal 1950-an. Sebuah pertempuran sengit terjadi antara mereka yang berusaha untuk mengkomersilkan
radio dan orang-orang yang berpendapat bahwa spektrum radio harus dianggap sebagai
bagian dari commons - yang akan digunakan hanya non-komersial dan untuk kepentingan publik.
Pada awal 1950-an, Jaringan Televisi DuMont mulai praktek modern
menjual waktu iklan untuk sponsor yang berbeda. Sebelumnya, DuMont mengalami kesulitan
mencari sponsor untuk banyak program-program mereka dan dikompensasi dengan menjual lebih kecil
blok waktu iklan untuk beberapa bisnis. Ini akhirnya menjadi
standar untuk industri televisi komersial di Amerika Serikat. Namun,
itu masih praktek umum untuk memiliki sponsor tunggal acara, seperti The United
States Steel Jam. Dalam beberapa kasus sponsor dilakukan kontrol yang besar atas
isi acara-up dengan dan termasuk memiliki biro iklan seseorang
benar-benar menulis pertunjukan.

1990
Dengan munculnya server iklan, pemasaran melalui internet dibuka baru
batas-batas bagi pengiklan dan memberikan kontribusi untuk boom "dot-com" pada 1990-an.
Seluruh perusahaan beroperasi semata-mata pada pendapatan iklan, yang menawarkan segalanya
dari kupon untuk akses internet gratis. Pada pergantian abad ke-21, nomor
situs termasuk mesin pencari Google, mulai perubahan secara online
iklan dengan menekankan kontekstual yang relevan, iklan tidak mengganggu dimaksudkan untuk
membantu, daripada membanjiri, pengguna. Hal ini telah menyebabkan sejumlah besar upaya-upaya serupa
dan kecenderungan peningkatan iklan interaktif.
Gerilya iklan menjadi semakin lebih populer dengan banyak
perusahaan. Jenis iklan ini tidak dapat diprediksi dan inovatif, yang
menyebabkan konsumen untuk membeli produk atau ide. Ini mencerminkan tren peningkatan
interaktif dan "tertanam" iklan, seperti melalui penempatan produk, memiliki
konsumen memilih melalui pesan teks, dan berbagai inovasi memanfaatkan social
jaringan layanan seperti Facebook.


JENIS IKLAN

Hampir medium apapun dapat digunakan untuk iklan. Komersial iklan media
dapat mencakup lukisan dinding, billboard, komponen furnitur jalan, dicetak
brosur dan kartu rak, radio, bioskop dan televisi iklan, banner web, mobile
telepon layar, shopping cart, popup web, skywriting, bus bangku berhenti,
manusia billboard, majalah, dan surat kabar.
Setiap tempat yang "diidentifikasi" sponsor membayar untuk menyampaikan pesan mereka melalui
media adalah iklan.

Iklan televisi / Musik dalam iklan
Komersial TV umumnya dianggap paling efektif massal-pasar
Format iklan, seperti yang tercermin dari muatan jaringan TV harga tinggi untuk
komersial airtime selama acara TV populer. Virtual iklan dapat
dimasukkan ke program televisi biasa melalui grafik komputer. Sekarang
biasanya dimasukkan ke dalam latar belakang jika tidak kosong atau digunakan untuk menggantikan lokal
billboard yang tidak relevan dengan penonton siaran jarak jauh. Lebih
kontroversial, billboard virtual dapat dimasukkan ke dalam latar belakang di mana
tidak ada dalam kehidupan nyata. Teknik ini terutama digunakan dalam olahraga televisi
peristiwa. Penempatan produk Virtual ini juga mungkin.

Infomersial
Sebuah infomercial adalah format televisi panjang komersial, biasanya lima menit atau
lagi. Kata "infomercial" adalah portmanteau dari "informasi" kata &
"Komersial". Tujuan utama dalam infomercial adalah untuk menciptakan dorongan
membeli, sehingga konsumen melihat presentasi dan kemudian segera membeli
produk melalui nomor telepon bebas pulsa diiklankan atau website.
Infomersial menjelaskan, tampilan, dan sering mendemonstrasikan produk mereka dan
fitur, dan umumnya memiliki testimonial dari konsumen dan industri
profesional.

Radio periklanan
Iklan Radio adalah bentuk iklan melalui media radio. Radio
iklan yang disiarkan sebagai gelombang radio ke udara dari pemancar ke
antena dan dengan demikian ke perangkat penerima. Airtime yang dibeli dari stasiun atau
jaringan dalam pertukaran untuk menyiarkan iklan. Sementara radio memiliki keterbatasan yang
dari yang dibatasi untuk suara, pendukung periklanan radio sering mengutip ini sebagai
keuntungan. Radio adalah media yang berkembang yang dapat ditemukan tidak hanya di udara,
tetapi juga secara online. Menurut Arbitron, radio memiliki sekitar 241.600.000
pendengar mingguan, atau lebih dari 93 persen dari penduduk AS.

Iklan online
Iklan online adalah suatu bentuk promosi yang menggunakan Wide Internet dan Dunia
Web untuk tujuan mengungkapkan memberikan pesan pemasaran untuk menarik
pelanggan. Iklan online yang disampaikan oleh server iklan. Contoh online
periklanan termasuk iklan kontekstual yang muncul pada halaman hasil mesin pencari,
iklan banner, dalam iklan teks, Rich Media Iklan, iklan jaringan sosial, online
diklasifikasikan iklan, jaringan periklanan dan e-mail pemasaran, termasuk
e-mail spam.


PENTINGNYA ADVERTISING

Di banyak negara sebagian besar media, seperti televisi, radio dan surat kabar,
tidak akan berada dalam bisnis tanpa pendapatan yang dihasilkan melalui penjualan
iklan. Sementara iklan di seluruh dunia merupakan kontributor penting untuk ekonomi
pertumbuhan.
Untuk beberapa iklan perusahaan kecil dapat terdiri dari iklan sesekali
dan pada skala yang sangat kecil, seperti menempatkan iklan kecil di bagian diklasifikasikan
dari sebuah koran lokal.
Tapi kebanyakan organisasi, besar dan kecil, yang mengandalkan pemasaran untuk menciptakan
minat pelanggan terlibat dalam penggunaan konsisten dari iklan untuk membantu memenuhi
pemasaran tujuan. Ini termasuk kampanye iklan secara teratur berkembang,
yang melibatkan serangkaian keputusan untuk merencanakan, menciptakan, dan memberikan
mengevaluasi upaya periklanan.

~ THE END ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar